-->

PEDOMAN SKRIPSI FULL TERBARU - CONTOH DAN PENGERTIAN BAB 1-2-3-4-5-6

PEDOMAN SKRIPSI FULL TERBARU - CONTOH DAN PENGERTIAN BAB 1-2-3-4-5-6 


Binging, mau nulias apa di Skripsi kalian? gak tau cara mulainya gimana? nah kalian gak usah pusing lagi, ikuti langkah yang akan saya tuliskan di bawah ini jika kalian masih bingung dengan skrispi kalian, jika kalian ikuti inshaallah kalian bisa menyelesaikan tugas akhir kalian.
Seorang Mahasiswa harus mampu membuktikan dirinya sebagai seorang Maha, dengan menyelesaikan tugas akhir Thesis atau Skripsinya. Jaman sekarang tidak seperti jaman dulu, yang bingung mencari referensi dan sumber dalam pembuatan skripsi. sekarnag kalian hanya menggunakan jempol saja sudah bisa menemukan apa yang kalian cari dan butuhkan dalam pembuatan skrispi.

Jika masih tidak mampu mengerjakannya sendiri, Silahkan ambil jalan Terakhir kalian.
Ini Solusinya:

Khusus Untuk Jasa Skripsi Management.
yang ingin di bantu dalam pembuatan skripsi nya, Khusus management ya.
Silahkan kalian bisa menghubungi no ini: wa: 082288306999
Semoga membantu, terimakasih

BAB II KERANGKA PENELITIAN SKRIPSI 

Kerangka penelitian skripsi Universitas Putera Batam disusun sebagai berikut:

halaman sampul depan halaman judul halaman Pernyataan Halaman Pengesahan  Abstrak  Abstract  Kata Pengantar Daftar Isi  Daftar Tabel  Daftar Gambar  Daftar Rumus (jika ada) Daftar Lambang (jika ada) Daftar Singkatan (jika ada) Daftar Lampiran 

BAB I 
PENDAHULUAN 
1.1. Latar Belakang Penelitian 
1.2. Identifiakasi Masalah 
1.3. Pembatasan Masalah 
1.4. Perumusan Masalah 
1.5. Tujuan Penelitian 
1.6. Manfaat Penelitian 

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA 
(TENTATIF ATAU DISESUAIKAN DENGAN PENELITIAN PROGRAM STUDI) 

2.1. Teori Dasar (Disesuaikan dengan variabel yang digunakan)
2.2. Penelitian Terdahulu 
2.3. Kerangka Pemikiran 
2.4. Hipotesis

BAB III 
METODE PENELITIAN (TENTATIF ATAU DISESUAIKAN DENGAN PENELITIAN PROGRAM STUDI) 

3.1. Desain Penelitian 
3.2. Operasional Variabel 
3.3. Populasi dan Sampel 
3.4. Teknik Pengumpulan Data
3.5. Metode Analisis Data 
3.6. Lokasi dan Jadwal Penelitian 

BAB IV 

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 

BAB V 
SIMPULAN DAN SARAN 

5.1. Simpulan   5.2. Saran 

Daftar Pustaka 
Riwayat Hidup 
Surat Keterangan Penelitian  
Lampiran  


BAB III BAGIAN-BAGIAN SKRIPSI 


HALAMAN SAMPUL DEPAN
Halaman sampul depan memuat judul skripsi, logo Universitas Putera Batam, nama dan NPM mahasiswa, nama program studi, nama perguruan tinggi, tahun penyelesaian skripsi.

HALAMAN JUDUL
Judul penelitian berisi pernyataan yang secara spesifik mencerminkan isi penelitian yang dilakukan (mencerminkan konsep atau hubungan antar konsep dari gejala/fenomena yang diteliti). 

HALAMAN PERNYATAAN
Halaman ini berisi pernyataan tentang: a. Skripsi yang diajukan adalah asli dan belum pernah diajukan untuk mendapatkan gelar akademik (sarjana, magister, dan/atau doktor di Universitas/ perguruan tinggi manapun). b. Skripsi adalah murni gagasan, rumusan dan penelitian penulis sendiri tanpa bantuan pihak lain, kecuali arahan tim pembimbing atau tim promotor. c. Dalam Skripsi tidak terdapat karya-karya atau pendapat yang telah ditulis atau dipublikasikan orang lain, kecuali secara tertulis dengan jelas mencantumkannya sebagai acuan dan menuliskannya sumber acuan tersebut dalam daftar pustaka. d. Tanggal pernyataan ditulis tanggal sebelum sidang.

Halaman pernyataan yang asli harus dilampirkan pada saat pengumpulan hard cover, sedangkan copy dari halaman pernyataan harus dilampirkan pada saat pengumpulan soft cover yang dipakai untuk sidang / ujian skripsi. 
HALAMAN PENGESAHAN
Halaman ini memuat persetujuan dosen pembimbing yang menyatakan bahwa skripsi layak diujikan.

ABSTRAK / ABSTRACT
Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Abstrak mencerminkan seluruh isi Skripsi dengan mengungkapkan intisari permasalahan penelitian, pendekatan yang digunakan atau kerangka pemikiran, metode penelitian, temuan penelitian, dan kesimpulan. Uraian ditulis dalam Bahasa Indonesia (Abstrak) dan Bahasa Inggris (Abstract), 



KATA PENGANTAR
Bagian ini mengemukakan pokok-pokok persoalan yang diteliti. Selain ini, dapat pula dikemukakan hal-hal seperti: kesulitan sewaktu melakukan penelitian dan hal-hal yang memperlancar pelaksanaan penelitian dan penulisan Skripsi serta pernyataan ungkapan rasa terima kasih kepada berbagai pihak atas terlaksananya penelitian dan penulisan Skripsi.

DAFTAR ISI
Daftar isi dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh tentang isi skripsi dan sebagai petunjuk bagi pembaca yang ingin langsung melihat suatu bab atau sub subjudul. Di dalam daftar isi tertera urutan  judul, subjudul, dan sub subjudul disertai dengan nomor halaman. 

DAFTAR TABEL
Halaman ini memuat urutan judul tabel beserta nomor halamannya. 

DAFTAR GAMBAR (jika ada)
Halaman ini memuat urutan judul gambar beserta nomor halamannya.

DAFTAR RUMUS (jika ada)
Halaman ini memuat urutan judul rumus beserta nomor halamannya. 

DAFTAR LAMBANG (jika ada) Daftar lambang berisi lambang disertai dengan artinya. 

DAFTAR SINGKATAN (jika ada) Daftar singkatan berisi singkatan disertai dengan kepanjangannya. 

DAFTAR LAMPIRAN Sama halnya dengan daftar tabel dan daftar gambar, daftar lampiran dibuat bila skripsi dilengkapi dengan banyak lampiran. Isinya ialah urutan judul lampiran dan nomor halamannya.


BAB I : PENDAHULUAN 

1.1. Latar Belakang Penelitian Latar  belakang penelitian: memuat fakta-fakta relevan dengan masalah penelitian sebagai titik tolak merumuskan masalah penelitian, alasan-alasan (empiris, teknis) mengapa masalah yang dikemukakan dalam usulan  penelitian  itu  dipandang penting untuk diteliti.
Mengemukakan hal-hal yang menjadi latar belakang pemilihan topik penelitian,  termasuk signifikasi pemilihan topik penelitian tersebut; penelitian dapat diangkat dari gejala/permasalahan empiris dan/atau permasalahan teoretis.


Mengemukakan dan meletakkan penelitian yang akan dilakukan dalam peta keilmuan yang menjadi perhatian peneliti; menunjukkan penelitian-penelitian terdahulu yang dilakukan oleh peneliti dan peneliti-peneliti lain yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan.
1.2. Identifikasi Masalah Merupakan suatu cara melihat, menduga, menguraikan dan menjelaskan apa yang menjadi permasalahan. Identifikasi masalah memuat pendefenisian masalah dari pemilihan permasalahan yang akan menjadi rumusan masalah.

1.3. Pembatasan Masalah Merupakan hal yang membatasi penelitian yang akan menjadi ruang lingkup penelitian dan menggambarkan apa yang akan dibuat dan yang tidak akan dibuat.

1.4. Perumusan Masalah  Perumusan masalah memuat proses penyederhanaan masalah yang rumit dan kompleks dirumuskan menjadi masalah yang dapat diteliti (researchable problems), atau merumuskan kaitan antara kesenjangan pengetahuan ilmiah atau teknologi yang akan diteliti dengan kesenjangan pengetahuan ilmiah yang lebih luas. Di dalam menyampaikan perumusan masalah harus relevan dengan judul dan perlakuan yang akan diteliti. Perumusan masalah tidak selalu berupa kalimat tanya. Merumuskan masalah penelitian (research problem) dan mengemukakan pernyataan masalah (problem statement) dan/atau pertanyaan penelitian (research question). 

1.5. Tujuan Penelitian Dalam tujuan penelitian harus menyebutkan secara  spesifik tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian. Dalam beberapa  hal, seharusnya tujuan penelitian juga tersirat di dalam judul penelitian. Dengan logika seperti di atas, jika perumusan masalah dinyatakan dalam bentuk pertanyaan, jumlah tujuan dibuat minimal sesuai dengan rumusan penelitian.

1.6. Manfaat Penelitian Mengungkapkan secara spesifik manfaat yang akan dicapai dari:
(a) Aspek teoretis (keilmuan) dengan menyebutkan kegunaan teoretis apa yang dapat dicapai dari masalah yang diteliti. (b) Aspek praktis (guna laksana) dengan menyebutkan kegunaan apa yang dapat dicapai dari penerapan pengetahuan yang dihasilkan penelitian ini.


BAB II : TINJAUAN PUSTAKA  

2.1 Konsep Teoritis Memuat dan menjelaskan variabel yang digunakan dalam penelitian dan  konsep teori dasar yang mendukung materi penelitian 

2.2 Penelitian Terdahulu Memuat tentang beberapa penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti lain yang relevan dengan topik penelitian yang akan dilakukan.

2.3 Kerangka Pemikiran Memuat pemikiran terhadap alur yang dipahami sebagai acuan dalam pemecahan masalah yang diteliti secara logis dan sistematis.

2.4 Hipotesis Hipotesis adalah pernyataan atau dugaan atau jawaban sementara (berdasarkan hasil penelitian atau pustaka sebelumnya) atas pertanyaan dalam masalah penelitian, yang akan diuji dengan data empirik melalui penelitian ini. Perumusan hipotesis disesuaikan dengan kasus penelitian. 

BAB III : METODE PENELITIAN 

3.1. Desain Penelitian Struktur penelitian untuk memperoleh bukti-bukti empiris dalam menjawab pertanyaan penelitian.

3.2. Operasional Variabel Definisi operasional dan pengukuran peubah adalah penjelasan operasionalisasi semua peubah yang dimasukkan dalam hipotesis.

3.3. Populasi dan Sampel 3.3.1. Populasi  Deskripsi populasi objek penelitian secara keseluruhan dalam penelitian sesuai data dan karakteristik penelitian. Populasi sebagai sekumpulan unsur atau elemen yang menjadi objek penelitian.  3.3.2. Sampel Bagian dari jumlah populasi, perhitungan sampel disesuaikan dengan karakteristik populasi penelitian. 

3.4. Teknik Pengumpulan Data Diuraikan secara rinci tentang jenis data, sumber data serta teknik pengumpulan data dan Instrumen yang digunakan.

3.5. Metode Analisis Data   Metode analisis data disesuaikan dengan karakteristik penelitian  3.6. Lokasi dan Jadwal Penelitian 3.6.1. Lokasi Penelitian Menerangkan lokasi penelitian dan alasan akademis pemilihan lokasi penelitian. 3.6.2. Jadwal Penelitian Menjelaskan dalam bentuk tabel pelaksanaan penelitian sesuai waktu pelaksanaan yang ditetapkan.Waktu penelitian diuraikan tentang bulan, tahun, musim (apabila perlu) dilakukannya kegiatan penelitian mulai dari persiapan hingga akhir pelaksanaan penelitian
 

BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN  
Menyajikan hasil dan pembahasan. 
4.1. Hasil Penelitian
4.2. Pembahasan

BAB V : SIMPULAN DAN SARAN 

5.1. Simpulan Subbab ini menyatakan temuan-temuan penelitian berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan.

5.2. Saran Subbab ini menyatakan saran teoritis tentang apa yang perlu diteliti lebih lanjut untuk pengembangan ilmu pengetahuan dari bidang ilmu yang dikaji, serta saran praktis yang terkait dengan penyataan penerapan ilmu pengetahuan terkait.


DAFTAR PUSTAKA Daftar dari seluruh kepustakaan yang digunakan/dirujuk dalam teks, dan referensi acuan maksimal 10 (sepuluh) tahun yang lalu.

RIWAYAT HIDUP Halaman riwayat hidup berisi nama penulis, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, riwayat pendidikan dan riwayat pekerjaan serta prestasi-prestasi yang menonjol.

SURAT KETERANGAN PENELITIAN Surat yang menerangkan dimana penelitian dilakukan yang disahkan oleh instansi terkait.

LAMPIRAN Berisi lampiran data atau hal lainnya yang relevan dengan permasalahan penelitian, yang dianggap penting untuk disertakan namun tidak perlu disajikan dalam teks/tulisan, misalnya lampiran data dasar, angket/kuesioner dan panduan wawancara, foto, peta lokasi, riwayat hidup penulis dan persetujuan komisi etik bagi yang mensyaratkan.

Jika Artikel ini bermanfaat, dan membantu kalian, silahkan bagikan artikel ini ke teman kalian, agar bisa  bermanfaat untuk orang banyak.
Terimakasih.

0 Response to "PEDOMAN SKRIPSI FULL TERBARU - CONTOH DAN PENGERTIAN BAB 1-2-3-4-5-6"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel